Sekarang saya mau share Silabus sesuai di bidang saya semoga bermanfaat bagi pembaca yang budiman....hehehehe
Nama Sekolah : SMK
TUNAS KARYA COMAL
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas : XI
Semester :
3 Dan 4
Standar Kompetensi :
Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setara tingkat Madia
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
2. 1
Menyimak untuk menyimpulkan informasi yang tidak
bersifat perintah dalam konteks bekerja
|
1.
Kognitif.
a. Proses
·
Mampu mengubah informasi dari bentuk lisan
ke dalam bentuknon-verbal (bagan/tabel/diagram/ grafik/ denah/matriks).
·
Mampu menyampaikann pendapat/opini dengan
menggunakan teknik penyampaian simpulan dan pendapat yang akurat secara
deduktif atau induktif
·
Mampu menggunakan bahasa Indoensia yang
baik dan benar dalam menyimpulkan sesuatu informasi.
|
·
Teknik membuat catatan verbal, dan
non-verbal sebagai dasar untuk membuat simpulan (lisan/tertulis)
·
Teknik menyimpulkan secara induktif dan
deduktif
·
Teknik menyampaikansimpulan dan pendapat.
·
Teknik membuat simpulan lisan maupun
tulisan dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar, termasuk di dalamnya
kesadaran berbahasa/sikap berbahasa yang positi
|
·
Menyimak berbagai informasi yang
disampaikan secara lisan tentang bahasa sebagai sarana berkomunikasi dan alat
berpikir, bahasa sebagai unsur dan pengembang kebudayaan, serta kedudukan dan
fungsi bahasa Indoensia, bahasa daerah, dan bahasa asing di Indonesia
·
Mencatat ide-ide pokok dari informasi yang
disimaknya
·
Mengubah informasi ke dalam bentuk
non-verbal
·
Menyusun simpulan secara deduktif/induktif
dari informasi yang terdapat dalam teks non-verbal yang dibuatnya
Menyampaikan simpulan informasi tentang isi teks
non-verbal yang dibuatnya dengan menggunakan bahasa Indoensia yang baik dan
benar
|
·
Jenis tes:
-
lisan
-
tulisan
-
perbuatan
·
Bentuk tes:
-
objektif
uraian
|
6
|
·
Bahan simakan: rekaman, khutbah, dialog
dsb.
·
Modul B. Ind. tkt. Madia
·
Keraf.G. (1987).Argumentasi dan Narasi.
·
Bambang Kaswati P. (1992).Teknik Menulis
Laporan
Parera,J.D. (1987).Belajar Mengemukakan Pendapat.
|
|
b.
Produk
·
Mampu membuat informasi bentuk lisan kedalam bentuk
nonverbal
·
Mampu mengetahui kalimat induktif dan kalimat deduktif
·
Mampu menyampaikan pendapat dengan menggunakan bahasa
indonesia yang baik dan benar.
2.
Psikomotor.
·
Mampu memperbaiki informasi yang dibuat kedalam bentuk
nonverbal.
·
Mampu menggunakan bahasa indonesia sesuai dengan
kaidahnya.
·
Mampu mengembangkan keberanian dalam berpendapat.
3.
Afektif.
a.
Karakter.
·
Jujur
·
Berani
·
Tanggung jawab
b.
Ketrampilan sosial
·
Bertanya dengan bahsa yang baik dan benar.
·
Membantu teman yang mengalami kesulitan
·
|
|
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMK Tunas Karya Comal
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas :
XI
Semester :
3 dan 4
Alokasi
Waktu : 6 x 45
A.
STANDAR
KOMPETENSI :
Berkomunikasi dengan Bahasa
Indonesia setara tingkat Madia
B.
KOMPETENSI
DASAR :
Menyimak untuk menyimpulkan informasi yang tidak bersifat perintah
dalam konteks bekerja
C.
INDIKATOR
:
1.
Kognitif
a.
Proses
·
Mampu mengubah informasi dari bentuk lisan ke dalam
bentuknon-verbal (bagan/tabel/diagram/
grafik/ denah/matriks).
·
Mampu menyampaikann pendapat/opini dengan menggunakan
teknik penyampaian simpulan dan pendapat yang akurat secara deduktif atau
induktif
·
Mampu menggunakan bahasa Indoensia yang baik dan benar dalam menyimpulkan
sesuatu informasi
b.
Produk
·
Mampu membuat informasi bentuk lisan kedalam bentuk nonverbal
·
Mampu mengetahui kalimat induktif dan kalimat deduktif
·
Mampu
menyampaikan pendapat dengan menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar.
2.
Psikomotor
·
Mampu memperbaiki informasi yang dibuat kedalam bentuk nonverbal.
·
Mampu menggunakan bahasa indonesia sesuai dengan kaidahnya.
·
Mampu mengembangkan keberanian dalam berpendap
3.
Afektif
c.
Karakter.
·
Jujur
·
Berani
·
Tanggung jawab
d. Ketrampilan sosial
·
Bertanya dengan bahsa yang baik dan benar.
·
Membantu teman yang mengalami kesulitan
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
1. Kognitif
a. Proses
Siswa diberikan
lembar kerja yang berisi contoh-contoh proposal yang terdapat dalam LP1:
proses. Selanjutnya, siswa diharapkan dapat menemukan:
1) macam-macam Informasi
2)
macam-macam
bentuk komunkasi;
3)
menyusun garis besar sebuah informasi melalui deduktif dan induktif
b. Produk
1)
Secara individu siswa dapat menyimpulkan suatu informasi dngan deduktif dan
induktif dan dibuat dengan bahasa nonvebal.
2.
Psikomotor
1) Siswa dapat menemukan pokok informasi dan dikemas dalam
bentuk bahasa non-verbal (kemampuan berpendapat dengan bahsa yang baku)
2)
Siswa dapat menggunakan bahasa yang sesuai dengan
kaidah dalam berpendapat.
3.
Afektif
a. Karakter
Siswa terlibat
aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam berperilaku
seperti kerja sama dalam kerja kelompok,
jujur, bertanggung jawab, dan saling menghargai pendapat dalam berdiskusi
(apresiatif).
b. Keterampilan sosial
Siswa terlibat aktif
dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam keterampilan bertanya dengan bahasa yang baik dan benar,
berbagi temuan, menyumbang ide, menjadi pendengar yang baik, dan membantu teman
yang mengalami kesulitan
a.
MATERI
PEMBELAJARAN :
·
Teknik membuat catatan verbal, dan non-verbal sebagai dasar untuk
membuat simpulan (lisan/tertulis)
·
Teknik menyimpulkan secara induktif dan deduktif
·
Teknik menyampaikansimpulan dan pendapat.
·
Teknik membuat simpulan lisan maupun tulisan dalam Bahasa
Indonesia yang baik dan benar, termasuk di dalamnya kesadaran berbahasa/sikap
berbahasa yang positi
b.
MODEL
DAN METODE PEMBELAJARAN
·
Model pembelajaran :
kooperatif
·
Metode pembelajaran :
proyek, diskusi.
c.
BAHAN
Rekaman khutbah,
dialog dsb
d.
MEDIA
PEMBELAJARAN
rekaman
Komputer dan LCD
LKS mendengarkan
e.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Penilaian
oleh Pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
A.
|
Kegiatan Awal (15 menit)
1.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan materi yang
telah dipelajari
2.
Memberikan
ilustrasi berbagai kegiatan yang memerlukan perencanaan yang tersusun dalam
bentuk rekaman
3.
Memotivasi
siswa dengan cara mengemukakan
kompetensi yang akan dicapai dan manfaat mendengarkan
|
|
|
|
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
B.
|
Kegiatan Inti (65 menit)
Penggalan 1
|
|
|
|
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
C.
|
Kegiatan Akhir
(10 menit)
1. Siswa membuat rumusan simpulan terhadap
butir-butir pembelajaran yang sudah mereka ikuti.
2. Guru memberi penguatan terhadap simpulan
yang diberikan oleh para siswa.
3. Siswa menyampaikan kesan dengan
menggunakan bahasa yang baik dan benar terhadap pembelajaran yang baru
berlangsung sebagai kegiatan refleksi.
2.
Guru memberikan PR.
Sbb:
Diketahui trapesium dengan panjang
sisi-sisi sejajarnya 7 cm dan 11 cm, tingginya 8 cm, Hitunglah luas
trapesium tersebut?
3.
Guru menyampaikan rencana belajar matematika pada pertemuan
berikutnya yaitu luas layang-layang
Minggu depan kita akan membahas
luas layang-layang, silakan
kalian mecari bahan, boleh membuka internet, mencari buku di
perpustakaan
|
|
|
|
|
f.
SUMBER
PEMBELAJARAN
1. Lembar Kerja
2. LP 1 = kognitif: proses
3. LP 2 = kognitif: produk
4. LP 3 = psikomotor
5. LP 4 = afektif: perilaku berkarakter
6. LP 5 = afektif: keterampilan sosial
7. Tabel spesifikasi lembar penilaian
8. Silabus
g.
PENILAIAN
· Jenis tes:
- lisan
- tulisan
- perbuatan
· Bentuk tes:
Objektif uraian
No comments:
Post a Comment