About

Contoh Silabus Bahasa Indonesia

Sekarang saya mau share Silabus sesuai di bidang saya semoga bermanfaat bagi pembaca yang budiman....hehehehe


Nama Sekolah                     : SMK TUNAS KARYA COMAL
Mata Pelajaran                     : Bahasa Indonesia
Kelas                                      :  XI
Semester                               :  3 Dan 4
Standar Kompetensi           : Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setara tingkat Madia

Kompetensi
 Dasar
Indikator
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
2. 1    Menyimak untuk menyimpulkan informasi yang tidak bersifat perintah dalam konteks bekerja

1.                              Kognitif.
a.    Proses
·         Mampu mengubah informasi dari bentuk lisan ke dalam bentuknon-verbal (bagan/tabel/diagram/  grafik/ denah/matriks).
·         Mampu menyampaikann pendapat/opini dengan menggunakan teknik penyampaian simpulan dan pendapat yang akurat secara deduktif atau induktif
·         Mampu menggunakan bahasa Indoensia yang baik dan benar dalam menyimpulkan sesuatu informasi.
·    Teknik membuat catatan verbal, dan non-verbal sebagai dasar untuk membuat simpulan (lisan/tertulis)
·    Teknik menyimpulkan secara induktif dan deduktif
·    Teknik menyampaikansimpulan dan pendapat.
·    Teknik membuat simpulan lisan maupun tulisan dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar, termasuk di dalamnya kesadaran berbahasa/sikap berbahasa yang positi
·    Menyimak berbagai informasi yang disampaikan secara lisan tentang bahasa sebagai sarana berkomunikasi dan alat berpikir, bahasa sebagai unsur dan pengembang kebudayaan, serta kedudukan dan fungsi bahasa Indoensia, bahasa daerah, dan bahasa asing di Indonesia
·    Mencatat ide-ide pokok dari informasi yang disimaknya
·    Mengubah informasi ke dalam bentuk non-verbal
·    Menyusun simpulan secara deduktif/induktif dari informasi yang terdapat dalam teks non-verbal yang dibuatnya
Menyampaikan simpulan informasi tentang isi teks non-verbal yang dibuatnya dengan menggunakan bahasa Indoensia yang baik dan benar
·    Jenis tes:
-   lisan
-   tulisan
-   perbuatan
·    Bentuk tes:
-   objektif
uraian
6












·    Bahan simakan: rekaman, khutbah, dialog dsb.
·    Modul B. Ind. tkt. Madia
·    Keraf.G. (1987).Argumentasi dan Narasi.
·    Bambang Kaswati P. (1992).Teknik Menulis Laporan
Parera,J.D. (1987).Belajar Mengemukakan Pendapat.

b.    Produk
·         Mampu membuat informasi bentuk lisan kedalam bentuk nonverbal
·         Mampu mengetahui kalimat induktif dan kalimat deduktif
·         Mampu menyampaikan pendapat dengan menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar.
2.  Psikomotor.
·         Mampu memperbaiki informasi yang dibuat kedalam bentuk nonverbal.
·         Mampu menggunakan bahasa indonesia sesuai dengan kaidahnya.
·         Mampu mengembangkan keberanian dalam berpendapat.
3.  Afektif.
a.    Karakter.
·         Jujur
·         Berani
·         Tanggung jawab
b.    Ketrampilan sosial
·         Bertanya dengan bahsa yang baik dan benar.
·         Membantu teman yang mengalami kesulitan
·          




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Satuan Pendidikan             : SMK Tunas Karya Comal
Mata Pelajaran                  : Bahasa Indonesia
Kelas                                     : XI
Semester                               : 3 dan 4
Alokasi Waktu                    : 6 x 45

A.            STANDAR KOMPETENSI :
Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setara tingkat Madia
B.            KOMPETENSI DASAR :
Menyimak untuk menyimpulkan informasi yang tidak bersifat perintah dalam konteks bekerja

C.            INDIKATOR :
1.    Kognitif
a.       Proses
·         Mampu mengubah informasi dari bentuk lisan ke dalam bentuknon-verbal (bagan/tabel/diagram/  grafik/ denah/matriks).
·         Mampu menyampaikann pendapat/opini dengan menggunakan teknik penyampaian simpulan dan pendapat yang akurat secara deduktif atau induktif
·         Mampu menggunakan bahasa Indoensia yang baik dan benar dalam menyimpulkan sesuatu informasi
b.       Produk
·         Mampu membuat informasi bentuk lisan kedalam bentuk nonverbal
·         Mampu mengetahui kalimat induktif dan kalimat deduktif
·         Mampu menyampaikan pendapat dengan menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar.

2.    Psikomotor
·         Mampu memperbaiki informasi yang dibuat kedalam bentuk nonverbal.
·         Mampu menggunakan bahasa indonesia sesuai dengan kaidahnya.
·         Mampu mengembangkan keberanian dalam berpendap

3.    Afektif
c.        Karakter.
·         Jujur
·         Berani
·         Tanggung jawab
d.       Ketrampilan sosial
·         Bertanya dengan bahsa yang baik dan benar.
·         Membantu teman yang mengalami kesulitan

D.            TUJUAN PEMBELAJARAN :

1. Kognitif
a. Proses
Siswa diberikan lembar kerja yang berisi contoh-contoh proposal yang terdapat dalam LP1: proses. Selanjutnya, siswa diharapkan dapat menemukan:
1)    macam-macam Informasi
2)    macam-macam bentuk komunkasi;
3)    menyusun garis besar sebuah informasi melalui deduktif dan induktif
b. Produk
1)       Secara individu siswa dapat menyimpulkan suatu informasi dngan deduktif dan induktif dan dibuat dengan bahasa nonvebal.

2.       Psikomotor
1)       Siswa dapat menemukan pokok informasi dan dikemas dalam bentuk bahasa non-verbal (kemampuan berpendapat dengan bahsa yang baku)
2)       Siswa dapat menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah dalam berpendapat.

3.       Afektif
a.    Karakter
Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam berperilaku seperti kerja sama dalam kerja kelompok, jujur, bertanggung jawab, dan saling menghargai pendapat dalam berdiskusi (apresiatif).

b.    Keterampilan sosial
Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam keterampilan bertanya dengan bahasa yang baik dan benar, berbagi temuan, menyumbang ide, menjadi pendengar yang baik, dan membantu teman yang mengalami kesulitan

a.             MATERI PEMBELAJARAN :
·         Teknik membuat catatan verbal, dan non-verbal sebagai dasar untuk membuat simpulan (lisan/tertulis)
·         Teknik menyimpulkan secara induktif dan deduktif
·         Teknik menyampaikansimpulan dan pendapat.
·         Teknik membuat simpulan lisan maupun tulisan dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar, termasuk di dalamnya kesadaran berbahasa/sikap berbahasa yang positi
b.             MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
·                                                      Model pembelajaran        : kooperatif
·                                                      Metode pembelajaran      : proyek, diskusi.
c.              BAHAN
Rekaman khutbah, dialog dsb


d.             MEDIA PEMBELAJARAN
rekaman
Komputer dan LCD
LKS mendengarkan

e.              LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

No
Kegiatan
Penilaian oleh Pengamat
1
2
3
4
A.

Kegiatan Awal (15 menit)
1.       Melakukan apersepsi dengan mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan materi yang telah dipelajari 
2.       Memberikan ilustrasi berbagai kegiatan yang memerlukan perencanaan yang tersusun dalam bentuk rekaman 
3.       Memotivasi siswa dengan cara mengemukakan  kompetensi yang akan dicapai dan manfaat mendengarkan











1
2
3
4
B.

Kegiatan Inti (65 menit)
Penggalan 1
  1. Siswa berkelompok yang terdiri atas 5 orang anggota yang hetorogen (jenis kelamin, tempat tinggal, aktivitas berorganisasi).
  2. Siswa mendengarkan khutbah.
  3. Siswa mendiskusikan apa yang sudah didenarkan tadi.
  4. Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dengan anggotanya, sedangkan kelompok lain mengomentari dan memberikan masukan. Kegiatan ini dimaksudkan untuk membiasakan siswa bertanggung jawab terhadap tugas yang harus dilaksanakan dengan penuh kejujuran dan menghargai pendapat orang lain (apresiatif).
  5. Siswa menyusun garis besar isi inti khutbah dengan mengacu pada LKS







1
2
3
4
C.

Kegiatan Akhir (10 menit)             
1.       Siswa membuat rumusan simpulan terhadap butir-butir pembelajaran yang sudah mereka ikuti.
2.       Guru memberi penguatan terhadap simpulan yang diberikan oleh para siswa.
3.       Siswa menyampaikan kesan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar terhadap pembelajaran yang baru berlangsung sebagai kegiatan refleksi.

2.         Guru memberikan PR.  Sbb:
       Diketahui trapesium dengan panjang sisi-sisi sejajarnya 7 cm dan 11 cm, tingginya 8 cm, Hitunglah luas trapesium  tersebut?
3.         Guru menyampaikan rencana belajar matematika pada pertemuan berikutnya yaitu luas layang-layang
       Minggu depan kita akan membahas luas layang-layang,  silakan kalian     mecari bahan,  boleh membuka internet, mencari buku di perpustakaan




f.              SUMBER PEMBELAJARAN
1.       Lembar Kerja
2.       LP 1 = kognitif: proses
3.       LP 2 = kognitif: produk
4.       LP 3 = psikomotor
5.       LP 4 = afektif: perilaku berkarakter
6.       LP 5 = afektif: keterampilan sosial
7.       Tabel spesifikasi lembar penilaian
8.       Silabus
g.             PENILAIAN
·    Jenis tes:
-    lisan
-    tulisan
-    perbuatan
·    Bentuk tes:
Objektif uraian

No comments: