About

Kritik Sastra



“Rusmi Ingin Pulang”
Setelah saya membaca novel “ Rusmi ingin Pulang”, terlebih dahulu saya mencoba memaparkan atau menjelaskan dari judul yang dipaparkan, saya sudah tahu maksud dari pengarang mungkin cerita berisi keinginan rusmi ingin pulang kekampung halamannya, walaupun saya belum membaca isi dari keseluruhan ceritanya.
Setelah cerita keseluruhannya saya baca ternyata si rusmi disini hanya orang yang diceritakan yang menjadi peran utama, melainkan sang ayahnya yang berusaha agar para penduduk kampung tidak menuduh si rusmi menjadi wanita penghibur.
Terus terang sebenarnya saya suka dengan novel ini karena tokoh utamanya sang perempuan jadi saya lebih menikmati walaupun rusmi disini hanya termasuk orang yang di ceritakan.
Akhir ceritanya yang disajikan sudahlah jelas bahwa prasangka buruk masyarakat tehadap rusmi itu semuanya salah bahkan dan yang lebih menegaskan lagi akhirnya rusmi menikah dengan laki-laki kaya dari Jakarta.
Novel ini layak dibaca untuk semua kalangan karena memperlihatkan kasih sayang bapak terhada anaknya dan mungkin sebaliknya rusmi sangat menyayangi ayahnya yang memperjuangkan nama baiknya..

No comments: