About

Puisi kehidupan dan analisis "Diam"Sindhunata

Puisi kehidupan.membaca tanpa menafsirkan sebuah puisi seperti halnya memakan sate tanpa mengunyah terlebih dahulu, dari Kumpulan puisi kehidupan, admin ini menyajikan sebuah puisi yang diambil dari Air kata-kata karya Sindhunata. Yang dikategorikan dalam puisi kehidupan menurut versi admin ini dengan melihat gejala-gejalan yang dimunculkan dan makna puisi itu sendiri. kehidupan disini mengenai Agama Kristen

Sedangkan dalam pengkajiannya menggunakan teori Semiotika, yang melihata tanda ikon,indeks dan simbol. Untuk selanjutnya lihatlah puisinya dibawah ini dan tidak lupa Analisis dengan teori semiotika.

Tidak lupa pula kritik dan saran dalam admin ini ditunggu karena dengan itu admin ini akan lebih baik dan lebih bermanfaat lagi kedepanya.
kalau masih penasaran dengan analisis puisi klik saja disini, jangan lupa kritiknya juga.


Diam

Maria
Hitam dari malam
Diam
Di dalam

Maria
Hitam dalam awan
Gelap
Di luar

Maria
hitam dalam bulan
Terang’
dalam kesunyian

Maria
menyimpan
gelap dari bulan
dalam terang dari diam

Puisi Diam
Tidak ada gambar ilustrasi di dalam puisi Diam. Meskipun demikian puisi tersebut akan dianalisis menurut simbol yang ada di dalam teks puisinya. Kata yang dapat dijadikan kunci untuk dapat mengetahuia atau memahami puisi Diam adalah kata diam dan Maria.
Puisi Diam pada dasarnya menceritakan mengenai kisah Maria yang merupakan wanita pilihan yang ditunjuk Tuhan melalui penyampaian malaikatNya untuk mengandung dari Roh Kudus. Anak yang akan lahir tersebut bernama Yesus yang akan menjadi penyelamat umatNya dari dosa

Kata diam di dalam konteks puisi Diam pada teks puisi di bawah ini dapat diartikan sebagai rahasia. Yaitu rahasia proses penyampaian kelahiran Yesus yang hanya diketahui oleh Maria saja. Hal tersebut dapat diketahui dari kata-kata di dalam potongan teks puisi di atas. Kata-kata yang dapat menunjukkan hal tersebut adalah Maria meyimpan gelap dari bulan dalam terang dari diam.

No comments: