About

Analisis "Arisan Brondong"



a. Tema
           Tema yang diangkat dari film arisan brondong yaitu mengenai fenomena yang masih genjar di jantung ibu kota ( jakarta ), tante – tante girang yang berlimpah hartanya dengan membeli kemesraan bagi kaum-kaum muda yang tergolong ABG
( brondong ). Kebanyakan dari tante ini merasa kesepian yang sering ditinggalkan suaminya mencari nafkah buatnya, dan mereka juga termasuk hipersexs.
           Brondong menurut orang jawa yaitu sebuah makanan dari jagung. Apa bila ada jagung muda pastilah manis rasanya Dari pengetahuan ini iistilah brondong dapat diambil ddari pengetahuan tadi. Dan mengapa tante-tante giraang ini mencari yang brondong karena masih manis, apabila sesuai deengan penjabaran yang tadi.
b Alur
Dari film ini menggunakan alur mundur, karena ending dari ceritanya sudah dipertontonkan terlebih dahulu, yaitu ketika ryan, bagus, jaja, diwawancarai oleh wartawan yng meliput tentang fenomena tente-tante girang, akan tetapi terdapat pemotongan adegan, kemudian langsung masuk dalam isi cerita dari arisan brondong dari part 1. Dan yang lebih asyiknya wartawan disini juga lanngsung terjun atau menyamar sebagai brondongnya.
c penokohan
Dari film arisan brondong diperankan sebagai tokoh berikut :
tokoh utama  
Ryan              : pacar dari tika, dan termasuk brondong tante-tante
Tika               : anak tante lolita, pendiam
Tante lolita    : tante girang, suka shoping
Tante meysa: tante girang, suka shoping dan juga bersaing dengan tante lolita dalam bentuk apapun termasuk brondong
Tokoh ke dua atau peran pembantu
Jaja                 : brondong, setia terhadap teman
Bagus             : brondong, setia terhadap teman
Tante anis      : tante girang, genit, suka shoping
Tante gemuk: namanya tidak dieprjelas dalam filmnya, tente girang, suka shoping
1.    Unsur Ekstrinsik
Sudut pandang yang di gunakan dalam film ini adalah orang kedua, diperankan oleh tika, kerena tokoh tika yang bisa memecahkan dari segala permasalahan-permaslahan dan kebuntua yang ada dalam alur ceritanya.
a.   Manfaat
Manfaat dari penggunaan teori struktural agar lebih tau dan bisa menjelaskan tentang permasalah-permaslah yang ada atau yang hendak diteliti, dengan membahas secara terpisah antara unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik secara terperinci.
Dan juga untuk mengetahui latar belakang pengarang ( sutradara ) menciptakan karyanya dan dipertontonkan.
1.    Metode
a.   Jenis Penelitian
Jenis penelitian ini  kualitatif dan kuantitatif, dimana peneliti mengolah data dari film arisan brondong, kemudian mencari data yang mengenai film itu dilingkungan masyarakat.
b.   Data
1.         Data primer : film arisan brondong
2.         Data sekunder : referensi norma, pendekatan struktural.
c.   Sumber Data
Sumber data ini diperoleh dari film arisan brondong namun setelah peneliti memahami betul film tersebut kemudian peneliti mencari target yaitu yang akan diwawancarai yang nantinya film ini akan dipertontonkan kepadanya lalu diberi sebuah kuesioner mengenai film arisan brondong.
1.    Pengamatan
Mengamati gerak, isi dan proses. Film arisan brondong tersebut.
2.    Studi dokumentasi
Yaitu dengan mempelajari literatur, dokumen-dokumen yang menunjang dalam pelaksanaan pengumpulan data. Metode dkumentasi adalah mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang mengenaicatatan, transkip, buku dan masih banyak yang lainnya.
3.    Wawancara atau kuesioner
Wawancara adalah percakapan dengan maksud tertentu. Percakapan ini dilakukan oleh dua pihak, yaitu pewawancara adalahh yang mengajukan pertanyaan dan yang diwaancarai yang memberikan jawaban atas pertanyaan.
d.    Metode analisis data
Pengolaan data ini dimulai sejak peneliti melihat film arisan brondong dari season pertama kemudian setelah sudah mengolah data dari film arisan brondong, peneliti mencari data sesuai dengan permasalahan dan masalah yang ada dalam kajian ini.
            Dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada masyarakat, sebelum itu masyarakat tersebut dipertontonkan terlebih dahulu dan diberi pengarahan, dan juga diberi sedikit gambaran tentang film arisan brondong terssebut.

No comments: