About

Analisis Puisi Aku Ingin – Sapardi Djoko Damono

Aku Ingin – Sapardi Djoko Damono

 
 
 
Analisis Puisi ini mencoba menguak apa yang ada didalam dan terkandung di Puisi "Aku ingin". memang sudah banyak analisis tentang puisi Aku ingin, akan tetapi admin ini mencoa memberikan sedikit tambahan, atau sebuah bahan perbandingan dari postingan yang lain, lebih baik penasaran dari pada tidak sama sekali, dikarenakan rasa penasaran itu akan menimbulkan hal positif yaitu dari tidak ketahuan menjadi tahu sehingga mampu memberikan sedikit pengetahuan tentang Analisis Puisi.
 
Aku Ingin
Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan kata yang tak sempat diucapkan
kayu kepada api yang menjadikannya abu.
Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan isyarat yang tak sempat disampaikan
awan kepada hujan yang menjadikannya tiada
Lihat baris pertama = Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
 sederhana menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) 1 bersahaja; tidak berlebih-lebihan: hidupnya selalu –; 2 sedang (dl arti pertengahan, tidak tinggi, tidak rendah, dsb): harga –; 3 tidak banyak seluk-beluknya (kesulitan dsb); tidak banyak pernik; lugas.Artinya, Aku-Lirik ingin mencintai sesorang dengan cara yang tidak berlebihan, sedang dan secara tulus, apa adanya dan hanya untuk seseorang yang ia cintai.

Baris kedua =  Dengan kata yang tak sempat diucapkan Kayu kepada api yang menjadikanya abu
Kata-kata ini memunculkan pengertian bahwa ‘Aku-lirik’ tidak sempat mungungkapkan perasaan cintanya kepada orang yang ia cintai. Hal ini diperjelas dengan kata kayu yang telah menjadi abu.
Begitu juga dengan bait berikutnya = Dengan isyarat yang tak sempat disampaikan awan kepada hujan yang menjadikannya tiada
Bait ini mempunyai pengertian hampir sama dengan yang diatas. Yaitu tentang keterlambatan seseorang dalam mengungkapkan isi hatinya kepada orang yang ia cinta.

Kata-kata yang digunakan Sapardi Djoko Damono dalam puisi ini sederhana, tapi maknanya sangat dalam, dari beberapa kata yang menjadikan keyy wort adalah kata Aku ingin mencintai kamu dengan sederhana.
 
kesimpulan yang dapat diambil dari puisi ini ialah Cintailah seseorang dengan tulus dan apa adanya dan Segera ungkapkan isi hati kita kepada orang yang dicinta sebelum semuanya terlambat karena biasanya kesempatan tidak datang dua kali. lebih baik diungkapkan dari pada tidak diungkapkan.

semoga coretan ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya. Dan jangan lupa kalau ingin membagikan tulisanku, silahkan cantumkan sumbernya.

No comments: