About

Analisis Puisi "Anak-Anak Semar"

Analisis puisi, sangat tidak heran ketika seseorang berjalan tanpa melihat arah dan petunjukjalan, dalam hal ini merupakan sebuah perumpamaan ketika mebaca Puisi tapa mengetahui pesan yang ada didalam maupun luar karya yang hendak disampaikan pengarang. Analisis puisi merupakan sebuah tindakan menggali kandungan dan pesan didalam dan diluar karya. sehingga dalam mengkaji dan sesuai dengan pesan pengarang.
contoh analisis puis, kajian-kajian ini dijadikan menadi satu admin yaitu Contoh analisis puisi, sehingga pecinta sastra tidak kebingungan dalam mencari dan ingin mengetahui tentang dunia Analisis puisi.

kritik dan saran sangatlah diharapkan untuk admin ini, dikarena bisa mendorong, memperbaiki dalam penelitian dikemudian hari.

Puisi Anak-Anak Semar
Dapat diketahui adanya pembelajaran yang diambil dari kebahagiaan dan kemakmuran orang lain menurut seseorang ternyata menyimpan kesedihan dan penderitaan, tidak seperti kebahagiaan yang dilihat dari tampilannya. Hal tersebut dapat diketahui dari kata-kata di dalam potongan teks puisi di bawah ini. Kata-kata yang dapat menunjukkannya adalah Di dunia orang mencintai bunga karena keindahannya, tiada yang mau tahu apa yang tersimpan di baliknya, Hanya anak-anak dari mutiara embun yang mau tahu, bunga-bunga itu menyimpan kesedihan.




Di dalam potongan teks puisi di atas juga dapat diketahui bahwa kebaikan dan keburukan di dalam diri seseorang hanya orang lain yang bisa menilai, bukan diri sendiri. Kata-kata yang dapat menunjukkan hal tersebut adalah Ya, jati diri itu ternyata bukan di dalam dirinya, jati diri yang ia cari ternyata berada di luar dirinya. Untuk itulah manusia hendaknya senantiasa berusaha untuk melakukan hal-hal yang baik dan dapat menjaga keharmonisan hidupnya dengan lingkungan tempat tinggalnya.
Tipografi di dalam potongan teks puisi di atas jika diperhatikan secara seksama dapat diasumsikan sebagai pasang surut dan lika-liku kehidupan manusia di dalam mencari jati dirinya, kebahagiaan yang datang dan pergi silih berganti.
Gambar dan teks puisi di dalam puisi Anak-Anak Semar saling terikat dan terkait untuk menunjukkan adanya hubungan seseorang dengan sesama dan lingkungan sekitarnya yang perlu dijaga agar hidup berdampingan dan saling melengkapi secara harmonis. Keharmonisan tersebut dapat menciptakan ketentraman, kenyamanan, kedamaian, dan jauh dari kehidupan yang bermasalah seperti hidup yang dipenuhi ketakutan, kekacauan, dan sebagainya.

No comments: