About

analisis Puisi "Mata Air Ikan 1"

Analisis puisi, hari ini teringat tentang sebuah petuah, kita tidak akan pernah tahu kalau kita tidak pernah masuk kedalamnya walaupun itu hal yang paling terburuk, begitu juga dengan pemahaman puisi, selama tidak menganalis denga teori tertentu, pastinya tidak akan pernah tahu pula pesan yang terdapat didalam karya tersebut. Analisis puisi, juga termasuk sebuah tidakan kritis untuk membedah dan memahami kandungan didalamnya.
contoh analisis puisi, bertindak tanpa figur tokoh yang jadi acuan, pastinya kebingungan dalam melangkah, begitu juga dengan Analisis puisi, tanpa adanya contoh analisis puisi pastinya juga akan kebingungan dalam mengkaji.



Puisi Mata Air Ikan 1
Jika diperhatikan secara seksama gambar yang sisi warna hitam di dalam potongan teks puisi di bawah ini merupakan gambar lautan dan terdapat percikan-percikan airnya (gambar titik-titik putih). Gambar yang sisi putih terdapat gambar (yang menyerupai) bentuk pisang tetapi gambar tersebut dapat diasumsikan sebagai sampan atau perahu (karena berhubungan dengan laut).
Lautan dapat diartikan sebagai kehidupan seseorang (garis nasib masing-masing orang) atau dunia ini. Percikan-percikan air memiliki arti sebagai rahmat (karena air merupakan sumber kehidupan). Perahu dapat diartikan sebagai media usaha atau kerja keras seseorang untuk mendapatkan apa yan diinginkannya. Ikan dapat diasumsikan sebagai hasil dari usaha orang tersebut.
Jika diperhatikan secara seksama tipografi di dalam potongan teks puisi di bawah ini menyerupai anak-anak tangga. Di dalam konteks puisi Mata Air Ikan 1 ini anak-anak tangga tersebut dapat diasumsikan sebagai (tahapan-tahapan) doa dan usaha seseorang untuk mendapatkan segala sesuatu yang diinginkannya.






Hal tersebut dapat diketahui dari kata-kata di dalam potongan teks puisi di bawah ini. Kata-kata yang dapat menunjukkan hal tersebut adalah di gelap kedalaman (di dalam segala doa dan usaha yang telah dilakukan), ikanku dan air-Nya (hasil usahaku dan rahmatNya), tenang menggenang (memiliki hubungan sebab akibat), dalam mata air ikan (di dalam kehidupan yang penuh rahmatNya).
Gambar dan teks di dalam puisi Mata Air Ikan 1 saling terikat dan terkait untuk menunjukkan doa dan usaha di dalam mewujudkan keinginan di alam kehidupannya. Untuk mewujudkan hal tersebut ternyata tidak mudah, semua tergantung rahmat Tuhan yang diberikanNya kepada orang tersebut.

No comments: