About

contoh analisis Puisi: Kerinduan Putri Cina

Analisis Puisi, penyelidikan suatu peristiwa adalah sebuah tindakan Analisis, sehingga dapat dikomulatifkan yaitu menyelidiki suatu karangan (Puisi). dengan menggunkan teori tertentu, untuk admin ini mengunakan teori Semiotika yang memanfaatkan gejala Ikon, Indeks, dan Simbol. hal ini dilakukan guna mengetahui apa yang terjdi dalam karya sastra tersebut: Puisi. 

Contoh Analisis Puis, teman-temanku sekalian janganlah bingung untuk mencari bahan untuk mengerjakan tugas sekolah baik smp, sma ataupun perguruan tinggi, karena disinilah tempat untuk mencari tentang Dunia Analisis Puisi, dengan dikelompokkan menjadi Contoh Analisis Puisi.


Puisi Kerinduan Putri Cina
Gambar yang terdapat di dalam potongan teks puisi di bawah ini menunjukkan seseorang yang sedang berdoa (digambarkan seseorang yang bertengahadah tangan) kepada Tuhan (digambarkan sebagai sosok Buddha) dengan khusyuk atau bersungguh-sungguh (digambarkan seekor naga sebab naga mempunyai kesan ganas dan menakutkan).





Kesungguhan doa kepada Tuhan orang tersebut sampai pada tingkatan pasrah dan menyerahkan hidup dan matinya hanya kepada Tuhan, tak ada yang berkuasa atasnya kecuali Tuhan merupakan penggambaran dari rindu yang luar biasa (sampai puncaknya) pada seseorang.
Hal tersebut dapat diketahui dari kata-kata di dalam potongan teks puisi di atas. Kata-kata yang dapat menunjukkannya adalah dia hilang walau dia bersamaku (seseorang  yang hanya berada di dalam ingatan/kenangan saja), aku akan senantiasa mencarinya (usaha untuk terus menemukan), meski dia kutemukan di dekatku (meskipun sebenarnya orang yang dicari ada di dalam pikiran dan hatinya, posisi paling dekat dengan diri sendiri, tapi secara visual atau kenyataannya orang tersebut tidak ada, hanya hidup di dalam kenangan saja).
Gambar dan teks puisi di dalam puisi Kerinduan Putri Cina saling terikat dan terkait guna menunjukkan adanya kesungguhan doa seseorang kepada Tuhan meminta untuk dipertemukan dengan orang yang diinginkan dan sangat berarti bagi diri dan hidupnya

No comments: