About

analisis puisi " Air kehidupan"

Analisis puisi, inilah saatnya pembenahan dan pemahaman sebuah karya melalui sebuah Analisis puisi. tanpa mengerti dan memahami sebuah karya pastinya tidak akan tahu keinginan pengarang untuk pembacanya.
contoh analisis puisi, admin ini selalu berusaha menyediakan sebuah contoh analisis puisi agar dapat dijadikan sebuah bahan bandingan dengan menggunakan sebuah tori pemanfaatan gambar ilustrasi didalam atau diluar karya.



Puisi Air Kehidupan
Jika diperhatikan secara seksama tipografi yang meliuk-liuk di dalam potongan teks puisi di bawah ini dapat diartikan sebagai gelombang-gelombang air. Hal tersebut sesuai dengan judul puisinya yaitu Air Kehidupan.
Tipografi demikian dapat menunjukkan sifat dari air yang berubah mengikuti tempatnya (dapat beradaptasi), dapat mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah (dapat bergaul dengan semua kelompok masyarakat baik yang miskin maupun yang kaya), dan memiliki volume (mempunyai jati diri atau corak khas sebagai diri sendiri bukan menjiplak sifat dan sikap orang lain). Air sering diidentikkan sebagai sumber kehidpan manusia atau semua makhluk hidup yang ada di dunia ini. Air di dalam konteks puisi Air Kehidupan dapat diasumsikan sebagai sumber dari segala sumber kehidupan, yaitu Tuhan.
Hal tersebut dapat diketahui dari kata-kata di dalam potongan teks puisi di bawah ini. Kata-kata yang dapat menunjukkan hal tersebut adalah Benamkan aku oh Air, dalam diri-Mu, tenggelamkan aku oh Air, dalam rahmat-Mu, hanyutkan aku oh Air, dalam kesucian-Mu.







Gambar yang terdapat di dalam potongan teks puisi di bawah ini dapat diasumsikan sebagai pengharapan seseorang untuk mendapatkan penghidupan yang lebih layak supaya dapat hidup menjalankan kehidupannya itu dengan rahmat dan sesuai dengan ketentuan serta kasih sayang Tuhan. Hal tersebut dapat diketahui dari kata-kata di dalam potongan teks puisi di bawah ini. Kata-kata yang dapat menunjukkan hal tersebut adalah Di bawah kakimu oh Maria, Sumur Kitiran Mas berada, airnya dalam dan tenang, menyimpan pelbagai harapan, aku hendak menimbanya.





Gambar dan teks puisi di dalam puisi Air Kehidupan saling terikat dan terkait untuk menunjukkan bahwa sumber dari segala sumber kehidupan adalah Tuhan, manusia hendaknya dapat menjadi orang yang memiliki sifat seperti air yang dapat beradaptasi, bergaul dengan semua kelompok masyarakat baik yang miskin maupun yang kaya, dan mempunyai jati diri atau corak khas sebagai diri sendiri bukan menjiplak sifat dan sikap orang lain.

No comments: